Senin, 27 Mei 2013

MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP MULAI DARI KEHIDUPAN KAMPUS

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship  Mulai Dari Kehidupan Di Kampus

Jiwa Entrepreneurship atau sering juga dikenal dengan sebutan jiwa kewirausahaan adalah hal yang sangat perlu untuk dikembangkan disetiap para mahasiswa. Karena dengan adanya jiwa entrepreneurship ini akan membuat masa depan para mahasiswa lebih terarah dan lebih maju. Apabila para mahasiswa telah mengembangkan jiwa entrepreneurship di kehidupannya, maka akan berdampak positif  juga kepada masyarakat dan Negara.
Sebenarnya, setiap manusia sudah mempunyai jiwa entrepreneurship di dalam dirinya, namun jika tidak diasah atau tidak digunakan maka jiwa entrepreneurship tersebut akan terpendam, seperti kata pepatah “Setajam apapun pisau, apabila tidak diasah akan tumpul juga”. Akan tetapi, menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa tidak mudah, oleh karena itu para mahasiswa harus mempunyai niat, kesungguhan dan tekad untuk mencapai yang diinginkannya. Para mahasiswa juga harus memiliki kedisiplinan, ketrampilan, keuletan,  kebijaksanaan, wawasan yang luas dan memiliki jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan sangat penting karena usaha yang besar membutuhkan pemimpin yang bijaksana dalam mengatur dan mengarahkan para bawahan dan tanpa adanya jiwa kepemimpinan maka usaha yang sedang dirilis akan sulit dikembangkan atau hanya jalan ditempat.
Langkah pertama yang harus dicoba dalam menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa adalah membuka usaha kecil-kecilan dengan menggunakan modal yang sedikit dan bisa dipasarkan di sekitar kampus. Misalnya membuka bisnis pulsa, bisnis gorengan dan semacamnya. Atau membuka usaha tanpa menggunakan modal yaitu dengan cara menjual produk atau barang orang lain sehingga mendapat keuntungan dari usaha tersebut, dan kemudian jika modal sudah terkumpul maka dibuat usaha sendiri. Dan langkah selanjutnya adalah mengembangkan usaha tersebut sampai mempunyai omset dan cabang yang banyak. Banyaknya mahasiswa yang membuka usaha akan meminimalkan tingkat pengangguran di Indonesia.
Di kehidupan kampus banyak juga dosen yang sudah memiliki banyak usaha, sehingga sudah duluan merasakan susah senang, untung rugi, manis pahit dalam menjalankan suatu bisnis. Inilah salah satu hal yang penting diajarkan para dosen kepada para mahasiswa tentang bagaimana cara memulai menjalankan usaha bisnis. Yaitu dengan cara membagi pengalamannya tersebut, para dosen dapat mengembangkan jiwa entrepreneurship didalam diri mahasiswa-mahasiswanya sehingga membantu para mahasiswanya untuk menjadi owner atau pengusaha yang sukses dimasa depan. Jika mahasiswanya berhasil, para dosen pasti mempunyai kebanggaan tersendiri terhadap kesuksesan mahasiswanya.
Menjalankan suatu bisnis memang mempunyai risiko yang besar. Tapi dibalik risiko yang besar pasti ada keuntungan yang besar juga. Rintangan dan tantangan dalam berbisnis untuk mencapai suatu kesuksesan itu pasti ada, namun jika kita berhasil menghadapi rintangan dan tantangan tersebut pasti kita berhasil mendapatkan kesuksesan yang kita impikan selama ini. Dan bisnis dapat berkembang. Dan setiap masalah selalu ada hikmah dan mengajarkan kita untuk  menjadi lebih baik lagi. Menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship sangat penting dan para mahasiswa sebaiknya menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship di dalam diri masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar, saran terhadap tulisan bloq ini. terimakasih atas partisipasi yang anda berikan.